Minggu, 14 April 2013

Tips Merawat Komputer Dan Laptop

Terkadang karena saking asyiknya kita bermain komputer nih sampe sampe kita lupa cara merawatnya,kebanyakan orang menganggap sepele terhadap perawatan komputer padahal itu sanggat penting lo bro,karna bila kita lengah sedikit ajah wah udah komputer kamu deh yang jadi korbannya,mau kejadian seperti itu....?

Nah buat sobat yang yang ingin mencoba untuk merawatnya tapi tidak tau caranya,,,pada kesempatan ini saya kasih tipsnya tentang Cara Merawat Komputer Dan Laptop.

Adapun cara caranya seperti di bawah ini.


Untuk perangkat keras ( hardware )

  1. Pastikan perangkat komputer berada dalam suhu lembab udara.
  2. Jauhkan perangkat Disk Drive dari medan magnet untuk menghindari kerusakan disk itu sendiri akibat daya magnet yang kuat.
  3. Jangan pernah melepaskan suatu perangkat komputer ketika posisi komputer sedang hidup.
  4. Pakailah alat stabiliser gunanya untuk menjaga kesetabilan aliran listrik. 
  5. Pada bagian printer nih jangan sembarangan menggunakannya,gunakanlah tinta dan pita semestinya gak usah berlebihan.
  6. Gunakan Unninteruptable Power Supply ( UPS ),fungsinya unutuk menjaga bila mati lampu maka komputer masih bisa hidup dan bisa di matikan dengan prosedur yang benar.
  7. Jangan pernah sekali kali melepas batrai ketika komputer hidup,secara logika aliran listrik yang kuat mengalir langsung tanpa melalui baterai maka secara otomatis komputer akan cepat panas dan bisa menimbulkan perangkat rusak terutama buat laptop nih.
  8. Gunakanlah pendingin supaya hardisk tidak cepat panas,bila hardisk panas maka sistem kerja komputer kalian akan lambat dan bisa bisa mati mendadak tuh komputernya.


Untuk perangkat lunak ( Software )
  1. Biasakan untuk mematikan komputer atau laptop sesuai prosedur yang benar.
  2. Pilihlah software yang benar sesuai dengan kebutuhan komputer kalian,dan sesuaikan dengan operating system komputer,32bit atau 64bit.
  3. Gunakanlah anti virus yang berkualitas,dengan tujuan untuk menjaga virus virus yang mencoba untuk merusak system windows komputer kalian.
  4. Bagi yang senang bermain USB atau CD nih,biasakan untuk menscan terlebih dahulu untuk menjaga siapa tau ada virus yang masuk tuh bro di USB kamu.
  5. Defrag hardisk secara rutin,untuk defrag bisa menggunakan software bawaannya atau download atau mau beli,dengan tujuan untuk menormalkan kembali hardisk kalian,ya siapa tau ajah waktu menggunakan komputer ada kesalahan yang tanpa kita sadari.
  6. Backup secara rutin minimal satu kali dalam satu minggu,untuk backup bisa sobat gunakan softwareTuneup Utilities,CC Cleaner dan yang lainnya.


Demikian ulasan dari saya nih sob tentang perawatan komputer,mohon maap bila ada salah dalam penyampaiannya dan saya ucapkan terima kasih atas partisipasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar